Gizi merupakan zat makanan pokok yang diperlukan bagi pembentukan dan Kesehatan tubuh. Pola makan dengan gizi tidak seimbang beresiko menyebabkan kekurangan gizi seperti anemia, berat badan kurang, berat badan berlebih, dan dapat menyebabkan resiko penyakit kronis.

Untuk mendapatkan gizi seimbang, makanan yang dikonsumsi harus memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap yaitu : karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air dan serat, dalam jumlah cukup tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan masing masing tubuh.

Perkemnkes No.41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, konsep Piring Makanku dapat dijadikan acuan untuk porsi sekali makan. Dalam satu piring sajian sebaiknya terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral seimbang. Dalam satu sajian porsi, sayur sayuran dan buah buahan disarankan porsinya adalah separuh bagian piring dan separuh lainnya dapat diisi dengan karbohidrat (nasi/biji-bijian, hindari gula dan tepung) dan protein baik yang didapat dari hewani (telur, ayam, ikan, daging) maupun nabati (kacang-kacangan).

Kualitas dan kuantitas makanan yang seimbang akan mempengaruhi Kesehatan individu, oleh karena itu pola makan perlu ditingkatkan keaarah konsumsi gizi seimbang. Dan jangan lupa cuci tangan dulu sebelum makan ya.